Rabu, 17 Agustus 2011


Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indinesia yang ke 66, Universitas Indonesia (UI) menggelar renungan kebangsaan dengan tema "Malam Peneguhan Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan Indonesia", Selasa (16/8/2011) malam, di Plaza Gedung Perpustakaan Pusat UI, Depok.
Renungan kebangsaan di mulai dengan pemutaran film-film dokumenter tentang kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Selanjutnya ditampilkan juga lagu-lagu perjuangan oleh penyanyi solo UI diiringi alunan musik piano, biola dan flute mahasiswa dan alumni dari Orkes Simfoni UI Mahawaditra. Kemudian, puisi kemerdekaan yang diiringi instrumen khas biola mengantar Sapardi Djoko Damono membacakan sebuah puisi.
Sekitar tujuh belas menit sebelum pukul 00.00, seluruh orang yang hadir dalam renungan kebangsaan diajak untuk bertafakur dalam silent moment. Tepat pada pukul 00.00, 17 Agustus 2011, Taufik Ismail membacakan Pembukaan Undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya diiringi maestro biola Indonesia Idris Sardi. Penampilan Idris Sardi yang menyajikanmedley lagu-lagu perjuangan seakan membius semua orang dalam acara ini.
Rektor UI, Gumilar R. Somantri mengatakan, renungan kebangsaan ini adalah yang pertama kalinya digelar. Ia berharap, kegiatan ini dapat menggugah sekaligus membangkitkan semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air bagi mahasiswa dan masyarakat luas.
Sebagai institusi pendidikan terkemuka, kata Gumilar, UI yang juga tak bisa dilepaskan dari catatan perjuangan bangsa ini ingin menyampaikan pesan moral tentang pentingnya arti kemerdekaan bagi suatu bangsa dan semangat bela negara.
"Acara ini berangkat dari sebuah perbincangan antara saya dengan beberapa rekan tentang kita yang sering lupa untuk menghayati dengan cermat dan sepenuh jiwa apa itu kemerdekaan," kata Gumilar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

map visitor